Sabtu, 12 Mei 2012

AGAMA DAN IPTEK


Sekilas agama dan IPTEK adalah dua bidang yang berbeda jauh. Wajar saja, karena agama lekat dengan kebahagiaan akhirat sementara ilmu pengetahuan lekat dengan kebahagiaan duniawi. Contoh seorang Ustadz yang menganggap menghubungkan Al - Qur'an dan IPTEK tidak perlu karena ia berpendapat bahwa kalau Allah berkehendak iya, maka jadilah. Dan seorang ilmuwan yang tidak percaya isi Al - Qur'an apabila tidak bisa dibuktikan secara ilmiah. Hal ini bisa menimbulkan dua akibat, yaitu malas belajar dan takabur.
Seiring berkembangnya IPTEK sedikit - demi sedikit telah ditemukan hubungan antara agama dengan IPTEK. Misalnya peristiwa kehamilan. Di Al - Qur'an telah diceritakan garis besarnya lalu seiring perkembangan zaman akhirnya ditemukan juga proses kehamilan secara ilmiah. Contoh lagi ilmu sosial di Al - Qur'an seperti takabur, riya', hasad, aniaya dijelaskan tidak boleh dilakukan dan kenyataan berbanding lurus di masyarakat bahwa yang melakukan hal tersebut akan dihina, dibenci, atau dikucilkan.
Jadi pada intinya Al - Qur'an memberi kita petunjuk tentang suatu kejadian untuk memancing kita agar berfikir sementara IPTEK adalah kesimpulan kita yang membuktikan kebenaran ayat - ayat Al - Qur'an.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar